Menerima Pekerjaan Finishing Melamine Dan Duco

Finishing Melamine adalah dengan metode penyemprotan cairan melamine sebagai finishing akhir pada permukaan furniture dapat berupa dof atau glossy. Warna dapat bervariasi, biasanya terdiri dari warna-warna kayu natural, karena finishing sistem melamine dalam interior design digunakan untuk furniture yang ingin menampilkan kesan natural pada serat kayu.

Tahapan kerja melamine:

- Permukaan kayu harus kering dan bebas dari debu, dan kotoran kemudian amplas permukaan kayu dengan kertas gosok no 180 searah dengan serat kayu sampai permukaan kayu menjadi halus.

- Isi pori-pori kayu dengan wood filler, usahakan warna wood filler sesuai dengan warna yang diinginkan. Setelah kering gosok dengan amplas no 240 sampai permukaan kayu terlihat halus lagi.

- Warnai dengan wood stain sesuai dengan warna yang diinginkan, aplikasikan dengan kuas kemudian lap dengan kain majun putih sebelum kering.

- Kemudian semprotkan dengan spray sanding sealer. Tunggu sanding sealer sampai kering. Mungkin kering sekitar 2 – 3 jam. Kemudian gosok sampai halus.

- Setelah itu lapisi dengan clear. Dalam lapisan akhir ini kita bisa memilih clear gloss atau dof  sesuai dengan selera kita.

Finishing duco adalah dengan metode penyemprotan cairan Cat Solid sebagai finishing akhir pada permukaan furniture dapat berupa dof atau glossy. Warna dapat bervariasi, biasanya terdiri dari warna-warna solid, karena finishing sistem duco dalam interior design digunakan untuk furniture yang ingin menampilkan kesan elegan pada tahap akhirnya.

Tahapan kerja Duco:

- Permukaan kayu harus kering dan bebas dari debu, dan kotoran kemudian amplas permukaan kayu dengan kertas gosok no 1,5 searah dengan serat kayu sampai permukaan kayu menjadi halus.

- Permukaan kayu di kuas dengan resin hingga rata, setelah kering di gosok dengan kertas amplas no 1 hingga halus.

- Setelah halus permukaan kayu dilapis dengan dempul. Setelah dempul kering kemudian di gosok lagi dengan kertas gosok no 1

- Kemudian permukaan kayu tersebut di spray atau semprot dengan epoxy. baru di gosok dengan kertas gosok no 240 sampai halus.

- setelah itu semprotkan dengan cat / duco dasar. Agar pengerjaannya menjadi halus. Usahakan warna dasar sesuai dengan warna yang diinginkan. Apabila masih ada permukaan yang kelihatan kasar bisa digosok dengan kertas gosok no 600.

- Semprotlah dengan warna yang sesuai selera kita hingga rata.

- Akhirnya permukaan yang sudah di duco tadi kita coating dengan clear. Sesuaikan clear yang diinginkan clear gloss atau doff atau semi.

Itulah tahapan pengerjaan dari melamine dan duco.

Kami menerima pekerjaan Finishing melamine dan duco untuk Kusen, Pintu, Jendela dan Renovasi untuk rumah dan mebel anda.

Hubungi saya : Riza P. Saragih di telp. 031.70123359 / 0818704985.

Work shop : Masangan Kulon gg. Ngemplak sukodono Surabaya

Rumah : Jl. Kebonsari I no 9 Surabaya.

kami bisa mengerjakan dimana saja di seluruh Indonesia.

About these ads

5 Comments

  1. Mohon penjelasan, saya sering menjumpai pada finishing duco keluar semacam keringat kayu yg membentuk pulau beberapa waktu setelah proses finishing selesai. Apa penyebabnya dan bagaimana cara penanggulangannya? terima kasih

  2. Selamat malam.

    Saya ingin menanyakan bagaimana cara memperbaiki finishing yang belang warnanya? apakah harus diulang dari mula-mula proses kerjanya atau bisa langsung di semprot dengan pigmen atau warna yang diinginkan?

    Terima kasih

    • karena millamin sifatnya buat interior/tidak kena panas, yang buat eksterior bisa menggunakan ultran lasur/produk eksterior lainnya.

  3. kenapa gak than panas melamin kayu.

  4. Untuk baby box sebaiknya menggunakan cat duko atau melamine?
    Apakah keduanya aman untuk bayi? Mengingat ada masanya bayi akan menggigit kayu2 dari baby box tsb. Dan sebaiknya untuk baby box menggunakan cat apa agar tidak meninggalkan bau cat? Trimakasih, mohon penjelasannya.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.