Furniture

Bahan Dasar Furniture

Pertama-tama kita perlu mengetahui sedikit tentang bahan dasar yang dipakai dalam pembuatan mebel/furniture yang akan kita pilih untuk design interior rumah kita. Karena seperti ungkapan “ada kualitas ada harga” itu adalah benar. Jangan sampai kecewa nantinya, kita sudah bayar mahal-mahal ternyata furniture yang kita terima menggunakan bahan baku yang murahan.

Berikut ada beberapa jenis material untuk bahan pembuatan furniture dari yang paling mahal harganya sampai yang paling murah.

1. Kayu Solid. Kayu solid merupakan bahan dasar terkuat dibandingkan kayu olahan, tapi dikarenakan volume tanam dan penebangan pohon yang tidak seimbang ditambah dengan penebangan liar yang tidak memperdulikan penghijauan kembali, memyebabkan persedian kayu solid terbatas dan harganya lebih mahal dibanding kayu olahan.

2. Plywood. Plywood adalah bahan dasar yang umum digunakan untuk pembuatan furniture. Harganya relatif lebih murah daripada kayu solid. Plywood merupakan kayu olahan yang relatif lebih kuat dibanding jenis kayu olahan lainnya seperti hdf, mdf, blockboard atau partikel board. Bahan dasar plywood adalah kulit kayu yang berlapis-lapis dan dipress. Plywood biasanya dilapisi kulit kayu jati, sungkai, nyatoh atau kulit kayu lainnya. Dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan kayu olahan lainnya, menyebabkan furniture dengan bahan plywood memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan kayu olahan lainnya.

3. Blockboard. Blockboard memiliki harga sedikit lebih murah dibanding plywood demikian juga dengan kwalitasnya. Bahan dasarnya hampir sama dengan plywood.

4. MDF. MDF dapat digunakan bagi anda yang memiliki budget terbatas.harganya sedikit lebih murah dari pada plywood dan blockboard. MDF adalah serbuk kayu halus yg diproses menyerupai bahan kertas yg tebal dan solid. MDF biasanya digunakan pada furniture fabrikasi yang dijual dalam bentuk sudah “jadi” biasanya pelapis luarnya kertas bertexture. Mdf atau hdf banyak dipakai sebagai bahan dasar furniture import.

5. Partikel Board. Partikel Board tidak kami sarankan jika anda menginginkan interior yang bertahan lama dan tempat tinggal anda rawan banjir . Partikel board adalah jenis kayu olahan yang terendah kelasnya. Partikel board sangat rentan air, karena berbahan dasar serbuk kayu kasar yang dipress sehingga memiliki pori-pori yg lebih besar dibandingkan mdf atau hdf,sehingga mudah ditembus air dan tidak kuat menahan beban berat. Untuk penggunaan bahan furniture dalam interior design berdasarkan custom made (design khusus) partikel board jarang dipakai.

FINISHING FURNITURE

Apapun bahan dasar yang dipergunakan untuk furniture pilihan kita, permukaan luar harus di finishing agar tampilannya indah. Ada berbagai macam jenis style finishing material, antara lain : Finishing Melamix, Cat Duco dan Laminate. Bagian dalam kabinet biasanya dilapisi bahan melaminto. Tapi kabinet yang menggunakan pintu kaca, bagian dalamnya tidak dilapisi melaminto, melainkan dilapis dengan bahan yang sama dengan pelapis kabinet bagian luar. Jadi dari luar kaca, bagian dalam kabinet tetap terlihat indah.

Finishing Melamix adalah dengan metode penyemprotan cairan melamix sebagai finishing akhir pada permukaan furniture dapat berupa dof atau glossy. Warna dapat bervariasi, biasanya terdiri dari warna-warna kayu natural, karena finishing sistem melamix dalam interior design digunakan untuk furniture yang ingin menampilkan kesan natural pada serat kayu.

Cat Duko adalah dengan metode penyemprotan cat duko pada permukaan furniture. Warna dapat bervariasi dengan pilihan yang beraneka ragam seperti warna-warna pastel maupun natural. Serat kayu pada furniture tidak akan terlihat jika menggunakan duko, karena akan tertutup dengan warna solid cat itu sendiri. Biasanya duko dalam interior design digunakan untuk menampilkan kesan dinamis, elegan dan modern pada ruangan.

Laminate adalah metode finishing interior atau furniture dengan merekatkan bahan pelapis dipermukaan furniture. Pelapis yang umum digunakan antara lain HPL, tacon, decosit, supercon dan PVC. Di antara keempat pelapis tersebut, HPL paling mahal, disusul tacon, decosit, supercon dan terakhir PVC.

18 Comments

  1. Infonya membantu banget!!
    Bisa di tambahin harga-harga kayu nya gak.. butuh info banget nih..
    Makasi

  2. makasih banyak mas, informasi yang membuka wawasan.

  3. Boleh Juga … thanks

  4. untuk kayu jati harga sekarang berapa ya..???

  5. mas . bisa kasih contoh gambar untuk kayu olahan dan harga nya terimakasih

    • kami menyediakan blockboard dengan jenis dan ukuran yang anda butuhkan
      blockboard 9″ Rp 100.000
      blockboard 11″ Rp 110.000
      blockboard 13 ” Rp 120.000
      harga pabrik

  6. untuk pembelian bahan pelapisnya bisa dibeli dmn ya mislnya hdf, sy tinggal di daerah bekasi. Tq.

  7. Untuk memdapatkan bahan2 di atas dimana ya gan?\

  8. kalo lamber cool pernah denger gak gan…. mohon info nya

  9. ada berapa macam kertas bertekstur yang digunakan sebagai pelapis furniture.

  10. nice artikel mas…

  11. dimana kita bisa memperoleh bahan2 tersebut, karena setelah kita survei ternyata tdk semua toko bangunan menyedikan bahan tersebut, dan bisakah ada perbandingan jika beli di mall bangunan dengan di toko tradisional

    • Untuk membeli semua bahan tersebut biasanya ada di suplier bahan bahan mebel. Contohnya kalau di surabaya bisa di beli di daerah baliwerti. Dan juga agen agen penjual kebutuhan mebel. Untuk perbandingan harga selisihnya juga tidak terlalu besar.

  12. I believe what you wrote made a great deal of sense.
    However, what about this? suppose you composed a catchier title?
    I am not saying your content isn’t solid, but suppose you added something that makes people want more? I mean Furniture | Furniture, Mebel, Interior, Arsitektur, Renovasi, Design Rumah Tinggal, is kinda plain. You could look at Yahoo’s front page and watch how they write
    news headlines to get people interested. You might add a
    video or a related picture or two to get people excited about what you’ve written. Just my opinion, it would make your posts a little livelier.

  13. artikelnya simpel tapi keren (y) ,… makasih infonya min

  14. Thank Mas..ini info yg sangat berharga buat saya..biar ngak gampang ketipu..sama para penjual…tapi kalo bisa ditampilkan gambar2 jenis2 bahan diatas..biar lebih paham gitu..

  15. Makasih buat infonya sangat bagus dan manfaat good luck :)

  16. Hello very nice web site!! Guy .. Excellent ..
    Amazing .. I’ll bookmark your site and take the feeds also?
    I am glad to find so many helpful information right here in the publish, we need develop more
    strategies on this regard, thanks for sharing. . . .
    . .


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • calendar

    July 2014
    S M T W T F S
    « Aug    
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
  • Pengunjung

    src="http://s08.flagcounter.com/map/DiPh/size_s/txt_000000/border_CCCC
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.